Mana yang Lebih Bagus Smartphone Xiaomi atau Lenovo?

Jika dibandingkan dengan smartphone merk Xiaomi, merk Lenovo memang tidak terlalu terdengar gaungnya. Padahal, di dunia gadget, Lenovo adalah salah satu pemain kawakan yang banyak menelurkan gadget berteknologi tinggi dan punya durabilitas tangguh. Tidak seperti Asus yang sukses di dunia PC maupun smartphone, Lenovo tampak masih kesulitan bersaing. Walau demikian, sebenarnya Lenovo sudah mengeluarkan smartphone berbasis Android sejak tahun 2011 melalui Lenovo LePad S2005.



Jika harus membandingkan mana yang lebih bagus antara Xiaomi atau Lenovo, setiap orang pasti punya pendapatnya masing-masing. Karena sejatinya, sebuah smartphone sebagian besar dijejali dengan layar, hardware, hingga kamera dari beberapa sumber saja.

Untuk pemasok chipset atau CPU misalnya, kita mengenal Qualcomm, Samsung (Exynos), MediaTek, Nvidia, hingga Intel. Namun di pasaran, chipset yang paling banyak digunakan hanyalah besutan Qualcomm dan MediaTek saja. Sisanya, chipset buatan Intel, Samsung maupun MediaTek termasuk Hisilicon (Kirin) jarang kita temukan. Begitu juga dengan kameranya, kadang-kadang kamera yang ada di smartphone Xiaomi, Samsung, Asus, atau Lenovo sekalipun, bisa saja berasal dari vendor yang sama. Contoh, dari Sony.

Jadi pada dasarnya, sebuah smartphone kadang memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Hanya saja merk dan pilihannya jadi beragam karena berbagai fitur yang disematkan bisa di kombinasikan.

Back to bisnis...

Jadi mana yang lebih baik antara Xiaomi dan Lenovo?

Agar lebih adil, alangkah baiknya kalau kita fokus membicarakan kelebihan dan kelemahan gadget besutan kedua vendor tersebut.

Xiaomi


  • Selalu berusaha mengusung gadget dengan desain kekinian dan body premium (metal) yang kadang-kadang lebih terkesan meniru (iPhone). Sejak pertama kali keluar, banyak orang yang menjuluki smartphone besutan Xiaomi sebagai iPhone dari Cina
  • Harga smartphone mereka rata-rata lebih murah dibanding kompetitor yang menawarkan spesifikasi sama
  • Rata-rata smartphone Xiaomi dibekali baterai yang besar sehingga mampu bertahan dengan baik saat digunakan
  • Sayangnya, baterai besar yang benamkan kadang-kadang tidak disertai dengan teknologi fast charging
  • Sejak dahulu hingga sekarang dikenal punya kelemahan di sisi kamera
  • Pilihannya beragam mulai dari harga yang paling murah (IDR 999K untuk Redmi 5A) hingga yang unik macam Xiaomi Mix
  • Sebagian besar smartphone mereka mengandalkan chipset besutan Qualcomm

Lenovo


  • Di sisi lain, Lenovo lebih sering menggunakan prosesor MediaTek untuk gadget mereka. Seperti yang terlihat pada Lenovo K8, K8 Plus, sampai Lenovo Tab 7 Essential. Namun di gadget terbaru mereka yaitu S5, Lenovo membenamkan chipset besutan Qualcomm (Snapdragon 625)
  • Lenovo jarang menggunakan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass
  • Baterai smartphone yang mereka tawarkan rata-rata berkisar pada angka 3000-3500 mAh
  • Harga hape Lenovo cenderung sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Xiaomi
  • Kamera yang mereka tawarkan lumayan bagus walaupun tidak bisa dikatakan istimewa
  • Sejak lama, gadget Lenovo terkenal punya suara (sound) yang sangat bagus, terutama karena didukung oleh teknologi DOLBY. Jadi, bagi kamu para penikmat musik, pasti akan merasa puas jika mendengarkan alunan musik yang keluar dari smartphone ini

Comments