Monday, October 23, 2017

Pribumi atau Bukan?

Beberapa saat yang lalu, dunia digital diributkan dengan istilah pribumi atau nonpribumi. Sebenarnya ini pembahasan yang tidak terlalu penting. Namun, karena memang Digital Monkey ini adalah blog yang tergelantung di dunia digital, maka rasanya sedikit perlu untuk membahas hal ini.


Kalau dilihat pengertian pribumi di Wikipedia akan kita dapati bahwa pribumi adalah penduduk asli suatu wilayah. Lahir di sana dengan keadaan orang tuanya juga lahir di tempat itu. Ini definisi yang sangat mudah dipahami menurut saya.

Namun, karena wajah yang berbeda ini, yang satu berkelopak, lainnya tidak berkelopak; ini terkadang menimbulkan musykilat tersendiri. Apalagi sejak perseteruan politik di tahun 2014, masalah rasis ini mulai meruncing di dunia digital.

Paling mudah untuk menentukan pribumi atau bukan, kamu bisa langsung menghitung sendiri. Apakah kamu lahir di daerah itu? Apakah orang tuamu juga lahir di tempat itu? Apakah kamu berbahasa dengan bahasa daerah itu? Apakah ada ikatan batin bahwa daerah itu adalah tanah airmu dan pantas kamu bela hingga tertumpah darah? Jika ya, berarti kamu pribumi. Karena memang beberapa ciri pribumi seperti yang saya sebutkan tadi. Seseorang secara fitrah pasti mencinta tanah airnya.

Namun, jika patokan menentukan pribumi dengan menarik garis pertama kali yang menempati; tentu saja manusia ini juga bukan pribumi. Faktanya, Nabi Adam juga bukan asli penduduk bumi, namun asli penduduk Surga.

No comments:

Post a Comment